11/29/2015

E-RESOURCES

E-RESOURCES

Pendahuluan
E-Resources (electronic resources) atau Sumber elektronik merupakan bahan perpustakaan yang penggunaannya memerlukan perangkat komputer dan biasanya lebih berkaitan dengan perangkat lunak yang dapat diakses baik secara offline maupun online. Sumber elektronik sebelumnya dikenal sebagai berkas komputer (computer files). Deskripsi ini dikembangkan karena semakin banyak perpustakaan yang menggunakan komputer serta semakin meningkat pula sumber elektronik. Definisi sumber elektronik meliputi: 1. Computer file content (contoh : software komputer (termasuk program, games/ permainan, fonts).  2. Numeric data (contoh : informasi sensus) 3. Computer-oriented multimedia (beberapa media seperti teks, suara, gambar dan file video).
Jenis sumber elektronik meliputi; 1. Data (informasi yang menyajikan nomor, teks, grafik, gambar, peta, gambar bergerak, musik, suara, dll.). 2. Program (instruksi, dan lian-lain, proses data untuk digunakan), atau 3. Kombinasi antara data dan program. Sumber elektronik sering mencakup komponen dengan karakteristik yang ditemukan dalam berbagai materi, sehingga kadang-kadang dalam membuat deskripsi bibliografis diperlukan untuk melihat aspek peraturan deskripsi bibliografis materi lainnya seperti peraturan deskripsi bibliografis materi kartografis, serial, materi grafis, musik.
            Untuk tujuan pengatalogan, bentuk sumber elektronik terdiri dari :  1. Aksesnya langsung (local)  2. Akses jarak jauh / remote access (networked).  Akses langsung dapat diganbarkan sebagai bentuk fisik yang dapat dibawa. Contoh : disc/disk, kaset, kartridge yang  harus di masukkan ke dalam media komputer atau media lainnya. Akses jarak jauh / remote access dipahami sebagai arti bahwa tidak ada bentuk fisik yang dapat dibawa dapat ditangani. Akses jarak jauh hanya dapat dipergunakan dengan media input-output. Contohnya sebuah terminal, internet, yang terkoneksi dengan sistem komputer (contohnya sebuah sumber jaringan), atau dengan menggunakan sumber tersimpan di dalam hard disk atau media penyimpan lainnya.


l.          Sumber informasi utama
Sumber informasi utama untuk sumber elektronik yaitu materi itu sendiri, tittle screen/judul dilayar, menu utama, program, tampilan informasi, homepage, file header mencakup “Subjek:”, garis, kode meta data (misalnya, TEI Headers, HTML/XML, meta tag), fisik lainnya, dan label mencakup informasi yang yang tidak diringkas,  hasil cetak, atau proses penyamaan lainnya.
            Jika informasi yang diperlukan tidak tersedia dalam sumber tersebut, ambil dari sumber berikut (untuk preferensi): 1. Dokumentasi tercetak atau materi penyerta lainnya (misalnya., surat penerbit, “tentang” file, Web penerbit tentang  sebuah sumber elektronik. 2. Informasi yang tercetak pada kemasan yang dikeluarkan oleh penerbit, distributor, dll.
            Bila materi terdiri atas dua atau lebih bagian-bagian fisiknya, maka yang dijadikan sumber informasi utama kemasan atau label yang tertempel secara permanen yang merupakan unsur yang menyatukan sebagai sumber informasi utama bila kemasan itu berisi judul kolektif dan secara resmi menyajikan  informasi yang mana bagian label itu sendiri tidak ada.
ll.         Sumber informasi yang tercantum
Sumber informasi yang tercantum bagi setiap daerah deskripsi sumber elektronik diberikan di bawah ini. Sertakan informasi yang diambil dari luar sumber yang tercantum dalam kurung siku.
DAERAH
 SUMBER INFORMASI TERCANTUM

Judul dan pernyataan tanggung jawab   
Sumber informasi utama, alat atau labelnya, informasi yang dikeluarkan oleh penerbit, pencipta.dsb., wadah

Edisi
Sumber informasi utama, alat atau  labelnya, informasi yang   dikeluarkan  oleh penerbit, pencipta, dsb.,wadah

Karakteristik sumber
Semua sumber

Penerbitan, distribusi, dsb.
Sumber informasi utama, alat atau                                                                      labelnya, informasi yang dikeluarkan penerbit, pencipta, dsb.,wadah

Deskripsi fisik
Semua sumber

Seri
Sumber informasi utama, alat atau labelnya, informasi yang dikeluarkan penerbit, pencipta, dsb.,wadah

Catatan
Semua sumber

Nomor standar dan pernyataan ketersediaan

Semua sumber
Sumber :
Anon Mirmani. Pengolahan e-reources. 2009
Irma U. Aditirto. Deskripsi Bibliografis Bahan Bukan Buku. Jakarta : Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Sastra, Universitas Indonesia, 1983.
Peraturan Pengatalogan Indonesia. Jakarta : Perpustakaan Nasional, 2007.
Soelistyo-Basuki. Pengantar dokumentasi. Bandung : Rekayasa Sains, 2004.

Suharyanto. Deskripsi Bibliografis Sumber Elektronik dalam Format INDOMARC.      http://intranet.pnri.go.id/komunitas/curhat/ckw.asp?box=dtl&id=125&from_box=lst&hlm=2&search_ruas=&search_activation=&search_keyword.


0 comments:

Post a Comment