5/19/2013

Pengertian Pengorbanan


Pengertian Pengorbanan

Pengorbanan adalah pemberian yang didasarkan atas kesadaran moral yang tulus ikhlas semata-mata. Pengorbanan merupakan akibat dari pengabdian. Pengorbanan diserahkan secara ikhlas tanpa pamrih, tanpa ada perjanjian, tanpa ada transaksi, kapan saja diperlukan.
Pengabdian lebih banyak menunjuk kepada perbuatan sedangkan pengorbanan lebih banyak menunjuk kepada pemberian. Dalam pengadian selalu dituntut pengorbanan, tapi belum tentu pengorbanan menuntut pengabdian.
Hidup adalah sebuah perjuangan yang selalu harus dilakukan oleh setiap makhluk agar tetap bertahan hidup. Pengorbanan itu sendiri bisa berbentuk material (yang bisa dilihat, dipegang) dan berbentuk immaterial (hanya bisa dirasakan). dan pengorbanan yang dilakukan dengan tulus dan tujuan mulia pasti akan memberikan hasil yang luar biasa (tidak sia-sia atau percuma).
Pengorbanan yang terbesar adalah pengorbanan yang dilakukan untuk keselamatan banyak jiwa, pengorbanan yang tak memandang kesalahan dan perbuatan baik dari ciptaan-Nya. dan pengorbanan sebesar dan setulus ini belum pernah dilakukan oleh siapapun selain dari Tuhan itu sendiri.
Jika Tuhan mau berkorban untuk kita, maka kitapun jangan ragu untuk melakukan hal yang sama, tetapi perhatikanlah tujuan atau arti pengorbanan yang dilakukan apakah untuk hal mulia atau untuk hal yang konyol.

Berikut adalah salah satu artikel yang berkaitan dengan pengorbanan bisa klik disini

Dari artikel tersebut diceritakan seorang ibu yang berkorban untuk selalu menemani dan menjaga seorang anak laki-lakinya yang sedang bergumul dengan penyakit kankernya. Ibu tersebut selalu berbuat yang terbaik untuk kesembuhan anaknya tetapi anaknya menolak untuk disembuhkan karena anak itu sadar akan penyakitnya yang sulit disembuhkan. Tiap menit tiap detik sang ibu selalu berada disamping anaknya, dan pada akhirnya sang ibu tidak kuat melihat anaknya merasa tersiksa atas penyakitnya dia membiarkan seorang suster mempercepat kematian anaknya dengan menyuntikkan suatu cairan. Artikel tersebut menggambarkan betapa besar kasih seorang ibu. Maka dari itu sayangilah orang tua kita, jangan sampai kita membuatnya sedih dan menangis. Karena jika kita melihat orang tua kita menangis karena kita mengecewakannya yang ada kita akan merasakan penyesalan yang sangat besar.
Diposkan oleh Choky Raymond di 21.35

Sumber : http://raymond-choky.blogspot.com/2012/05/pengertian-pengorbanan.html

0 comments:

Post a Comment