3/13/2013

Unsur - Unsur Kebudayaan


        Beberapa ahli telah mencoba merumuskan unsur-unsur pokok kebudayaan. Inti pokok pendapat-pendapat para ahli itu menunjukkan adanya tujuh unsur kebudayaan yang dianggap sebagai cultural universals (unsur pokok dapat dijumpai pada setiap kebudayaan di manapun di dunia ini) yaitu:
a.           Peralatan dan perlengkapan hidup manusia (pakaian, perumahan, alat-alat rumah tangga, alat-alat produksi, transport, dsb)
b.          Mata pencaharian hidup dan sistem-sistem ekonomi (pertanian, peternakan, sistem produksi, sistem distribusi, dsb)
c.           Sistem kemasyarakatan (sistem kekerabatan, organisasi politik, sistem hukum dan sistem perkawinan)
d.          Bahasa (lisan maupun tertulis)
e.          Kesenian (seni rupa, seni suara, seni tari, dsb)
f.           Sisem pengetahuan
g.          Religi (sistem kepercayaan)


 

         Setiap unsur pokok atau cultural universals dapat dijabarkan lagi ke dalam unsur-unsur yang lebih kecil. Raplph Linton menyebutkan kegiatan-kegiatan kebudayaan ataucultural activity. Sebagai contoh cultural universals pencaharian hidup dan ekonomi antara lain mencakup kegiatan-kegiatan seperti pertanian, peternakan, sistem produksi, sistem distribusi dan lain-lain. Kesenian misalnya meliputi kegiatan-kegiatan seni tari, seni suara, seni rupa, dan sebagainya.
Selanjutnya Raplph Linton merinci kegiatan-kegiatan kebudayaan tersebut menjadi unsur-unsur yang lebih kecil lagi yang disebutnya trait complex. Misalnya kegiatan pertanian menetap meliputi unsur-unsur irigasi, sistem pengolah tanah dan lain sebagainya.

Sumber :

0 comments:

Post a Comment